Tokopedia serius menggarap bisnis periklanan digital dan menghadirkan platform pemasaran terintegrasi

Tokopedia mengumumkan kehadiran unit bisnis periklanan digital terbarunya, Tokopedia Marketing Solutions, untuk membidik profesional bisnis dari semua ukuran untuk memaksimalkan potensi platform e-commerce dalam strategi pemasaran mereka.

Sebagai catatan, ini merupakan unit bisnis keempat Tokopedia setelah Dhanapala, Tokoscore, dan Bridestory.

Edwin Chayadi, VP of Marketing Solutions Tokopedia, menjelaskan bahwa platform terbaru ini merupakan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia yang dirancang untuk membantu para pebisnis mencapai tujuan periklanan dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

“Manfaat Tokopedia Marketing Solutions terbukti efektif. Kami mencatat bahwa per H1 2022, bisnis ini telah melihat pertumbuhan 17x dalam nilai investasi periklanan dan pertumbuhan 30x dalam jumlah mitra strategis dari vendor menengah hingga besar, “kata Edwin dalam sebuah pernyataan resmi.

Ia melanjutkan, para pelaku bisnis dapat menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia, tersebar di 99% kecamatan, dan hadir dalam semua proses pembelian konsumen, dimulai dengan menjelajahi halaman utama Tokopedia, mencari produk, atau melalui media sosial Tokopedia. Selain itu, dengan menggunakan data konsumen, perusahaan dapat menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat sesuai dengan peraturan dan prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi yang berlaku.
fungsi di dalamnya

Solusi ini menawarkan berbagai fitur seperti: B. Always-on marketing yang memudahkan dalam membuat, mengelola, dan memaksimalkan periklanan dengan teknologi, memungkinkan para pebisnis untuk lebih fokus mengembangkan bisnisnya. Saluran periklanan juga ditawarkan untuk mengembangkan bisnis, antara lain promosi di halaman utama Tokopedia, penggunaan fitur iklan “TopAds” untuk membuat produk muncul di bagian atas halaman pencarian, dan iklan di fitur pencarian.

Selanjutnya, fitur promosi pada halaman Notifications & Messages yang meliputi broadcast chat untuk mempromosikan produk langsung di inbox/inbox pelanggan; pemberitahuan push untuk mengirim pesan promosi dan mengarahkan calon pembeli ke halaman toko; dan Notification Center, promosi akan muncul di halaman notifikasi pengguna.

“Penjual yang menggunakan solusi pemasaran Tokopedia juga dapat beriklan di game interaktif seperti Tap Tap Box yang memberikan kupon atau cashback, mempromosikan produk/impression melalui tayangan di channel streaming Tokopedia Play, dan media sosial mereka menggunakan iklan kolaboratif dengan Maximize Tokopedia. “

Edwin mengklaim berbagai pelaku bisnis telah merasakan manfaat dari solusi tersebut. Misalnya, merek fesyen meningkatkan penjualan sebesar 103% dalam jumlah pesanan rata-rata, merek FMCG mengalami peningkatan penjualan 146% dan volume pesanan 169%. Kemudian merek makanan dan minuman mengalami peningkatan rata-rata pesanan sebesar 156% dan 279%.

“Ke depannya, Tokopedia Marketing Solutions akan terus berupaya membantu para pelaku bisnis di Indonesia dan berbagai skala dan kategori untuk mengakselerasi kinerja bisnisnya di Tokopedia guna mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui pemanfaatan kanal digital,” pungkasnya.
Sumber pendapatan perusahaan e-commerce

Bisnis periklanan digital merupakan salah satu model bisnis perusahaan e-commerce. Biasanya ada berbagai opsi dari mana pendapatan dapat dihasilkan termasuk iklan, pemasaran afiliasi, langganan, dan lainnya.

Bisnis periklanan ini adalah salah satu model bisnis yang paling klasik, ada pihak ketiga yang membeli ruang iklan di sebuah situs. Banyak aplikasi seluler dan jejaring sosial populer seperti Google, Facebook, Twitter, dan Instagram menghasilkan pendapatan besar di sini.

Sumber :