Cara menggunakan perangkat lunak presentasi Microsoft PowerPoint

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, semakin banyak bermunculan produk software presentasi. Salah satu yang memiliki banyak pengguna di masa lalu adalah Microsoft PowerPoint.

Bagaimana cara menggunakannya dan apa saja fitur-fiturnya? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. Tapi sebelum itu, lihat dulu apa itu Microsoft PowerPoint.
Apa itu perangkat lunak presentasi Microsoft PowerPoint?

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang berfungsi sebagai media presentasi. Software ini sangat friendly untuk digunakan, sehingga tidak heran jika banyak pengguna yang tetap setia menggunakannya hingga saat ini.

Microsoft adalah pengembang aplikasi yang satu ini dan sudah dibundel dengan produk Microsoft Office office lainnya seperti Word, Excel dan lain-lain. Software ini banyak digunakan dikalangan pebisnis, perkantoran, pelajar bahkan para pendidik.

Anda dapat menggunakan berbagai fitur canggih untuk membuat tampilan lebih menarik. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih bagus, Anda dapat menggunakan fitur template atau tema.
Berbagai fitur perangkat lunak Microsoft PowerPoint

Setiap perangkat lunak memiliki fitur yang berbeda, termasuk Microsoft PowerPoint. Fungsi utama yang pertama adalah untuk mempermudah kegiatan presentasi. Hal ini tidak hanya memudahkan para pembawa materi dalam menyampaikan informasi, tetapi juga bagi masyarakat.

Kedua, mudah diakses karena materi presentasi dalam bentuk soft copy. Tidak hanya dapat diakses dari komputer atau laptop, tetapi juga dari ponsel. Tentunya bagi anda yang ingin membagikan hasil pembuatan materi yang ada sangat mudah.

Ketiga, Anda memfasilitasi pembuatan materi presentasi dalam bentuk beberapa slide yang menarik. Berbagai fitur seperti gambar, animasi, audio, template dan video juga dapat digunakan.

Keempat, memudahkan dalam membuat, menyusun, dan mencetak slide. Jadi jika Anda ingin mencetak materi dalam bentuk kertas, Anda bisa melakukannya. Kelima, lebih menghemat biaya karena penyajian materi menggunakan softcopy.

Jadi Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mencetak kertas. Keenam, dapat memberikan materi yang lebih mudah dipahami audiens. Apalagi jika presentasi yang Anda berikan sangat menarik.

Akan membosankan dan monoton jika hanya menjelaskan sesuatu secara tertulis. Dengan PowerPoint ini Anda dapat menyisipkan gambar atau video yang menarik, karena manusia adalah makhluk visual.
Cara menggunakan perangkat lunak untuk presentasi Microsoft PowerPoint

Menggunakan software untuk presentasi yang satu ini sangatlah mudah. Tapi pertama-tama, pastikan Anda sudah menginstalnya di komputer atau laptop Anda. Jika hal ini terjadi, pembuatan dokumen dapat dilakukan dengan cara berikut.

buka perangkat lunak

Langkah pertama adalah membuka aplikasi yang diinstal dengan mengklik dua kali di atasnya. Bentuknya seperti kotak dengan huruf ā€œPā€ berwarna oranye. Tunggu hingga halaman template PowerPoint muncul.

Periksa opsi templat yang tersedia

Selanjutnya, Anda dapat meninjau berbagai opsi template yang tersedia. Lokasi template ada di bagian menu File. Template ini hadir dengan berbagai aspek seperti font, skema warna, serta tampilan dan nuansa umum yang dapat Anda ubah sesuai selera Anda.

Pilih template

Setelah itu, Anda bisa mulai memilih template yang Anda inginkan. Jika Anda tidak ingin menggunakan template, lewati saja dua langkah berikutnya dan klik presentasi kosong di paling kiri.

Pilih topik

Template yang berbeda menawarkan banyak tema dan skema warna yang berbeda. Jika Anda menginginkan tampilan topik yang berbeda, klik bagian Topik lainnya di bagian bawah daftar topik.

Klik Buat

Jika sudah berhasil menentukan tampilan mana yang ingin digunakan, setelah mengklik tema bisa langsung mengklik buat. Atau bisa juga dengan mengklik dua kali tanpa harus menggunakan tombol create.

Sekarang Anda bisa mulai menulis materi yang akan Anda presentasikan nanti. Gunakan fitur lain dari software presentasi Microsoft PowerPoint ini untuk membuat tampilan lebih menarik, seperti: B. Tema, transisi, animasi, slideshow, rekaman dan lain-lain.

Sumber :