Cara Daftar SKCK Online Lewat HP Mudah dan Praktis!

Untuk kamu yang memang mau tau tentang gimana sih Cara Daftar SKCK Online, bisa simak di artikel ini.

Soalnya NeoMart.co.id bakalan kasih tau ke kamu gimana sih langkah-langkah yang bisa dilakuin supaya bisa daftar SKCKnya.

Sekarang ini zaman semakin canggih aja ya gengs, yang mana buat kita jadi bisa ngelakuin aktivitas di satu tempat gitu.

Maksudnya, kita bisa nyelesain suatu hal cuma pakai sebuah aplikasi atau situs gitu lho gengs.

Ya kan?

Perkembangan di dunia teknologi udah engga bisa kita raguin lagi emang, semakin banyak bermunculan cara-cara baru.

Yang pastinya cara-cara baru yang ada itu membuat kita semakin mudah untuk melakukan suatu hal.

Beneran deh, kayak aja contohnya nih ya kalau kita mau transfer uang gitu, terus kita lagi engga sempet untuk ke ATM.

Nah, kita bisa tuh tetep transfer dengan gunain bantuan aplikasi banking gitu, jadi lebih mudah kan?

Engga perlu keluar rumah dan pekerjaan yang harus kita lakuin selesai, hehehe.

Apalagi di masa pandemi ini deh, kan kita bisa mengurangi kayak ketemu banyak orang gitu dengan adanya banyak bantuan alat canggih ini.

Eh iya, sobat NeoMart.co.id pastinya lagi penasaran kan ya tentang gimana cara buat SKCKnya?

Langsung aja deh, engga pakai lama lagi, di bawah ini mimin langsung sampaikan ke kamu informasinya.

Yuk!

Penjelasan Tentang SKCK dan Fugsinya

Cara Daftar SKCK Online

Sebelum masuk ke cara-caranya nih ya, mimin mau kasih pembahasan dulu nih tentang apa itu SKCK dan fungsinya apa.

Mungkin memang sudah banyak yang mengetahuinya ya, cuma memang kan pastinya ada lah ya sebagian orang yang belum tau.

Nah, buat yang belum tau kamu bisa simak pembahasan yang ada di bawah ini dulu deh ya gengs.

Yuk langsung aja simak pembahasan yang ada di bawah ini, jangan sampe diskip ya gengs, hehehe.

SKCK adalah kependakan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang memang surat ini diterbitkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia.

Surat keterangan ini tuh isinya kayak catatan kejahatan seseorang gitu dari pihak kepolisiannya sendiri.

Nah, SKCK ini bisanya digunain sama orang-orang untuk ngelampirin dokumen administrasi, kayak untuk ngelamar pekerjaan dan lainnya.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini dikeluarkan dengan oleh pihak kepolisian dengan isi ada atau tidaknya catatan kejahatan yang dibuat sama si pemohon.

Untuk masa berlaku SKCK ini, kamu cuma bisa gunakan suratnya selama 6 bulan setelah diterbitkan gengs.

Jadinya kalau masa berlaku SKCK ini sudah abis, kamu harus ngelakuin perpanjangan lagi jika diperlukan.

Kalau mau tau tentang SKCK yang lebih lengkap lagi, simak pembahasan yang ada di bawah ini.

Panduan Untuk Mendaftar SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) Online

Cara Daftar SKCK Online

Kalau kamu mau daftar SKCK, sekarang engga perlu lagi deh pergi ke tempat buatnya, soalnya kamu udah bisa daftar secara online.

Kamu bisa daftar SKCK cuma lewat handphone aja lho gengs, jadinya simple banget engga perlu keluar rumah.

Semakin mudah kan jadinya gengs? Apalagi untuk kamu yang lagi punya keperluan yang membutuhkan SKCK ini.

Membantu banget deh, yuk langsung simak langkah-langkah dan syarat yang akan kamu butuhkan nantinya.

Simak yuk.

Syarat Membuat SKCK 2022 Mudah dan Anti Ribet

Kalau kita mau membuat sesuatu gitu kan pastinya nanti ada syarat-syarat yang ditentuin kan ya gengs.

Sama aja nih kayak buat SKCK ini, ada syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhin gitu gengs.

Tapi tenang aja, mudah ada kok syarat dan ketentuan yang ada ini, engga bakalan buat kamu repot.

Kurang lebih sih sama aja ya syarat dan ketentuannya kayak daftar offline gitu, jadinya langsung aja deh simak di bawah ini.

  • Harus memberikan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Memberikan fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Akta Kelahiran
  • Pas Photo 4×6 dengan background berwarna merah, 6 lembar
  • Biaya administrasi Rp30.000

Nah, kamu harus menyiapkan persyaratan yang sudah disiapkan di atas ya gengs kalau mau mendaftar SKCK online.

Tata Cara Daftar SKCK Online Hanya dengan Menggunakan Smartphone

Kamu sudah menyiapkan persyaratan dan ketentuan yang diperluin untuk daftar SKCK kan?

Kalau memang sudah, sekarang kamu bisa mendaftar SKCK onlinenya gengs, mudah banget kok caranya.

Oya, sebelum daftar, kamu pastiin dulu kalau syarat dan ketentuan yang udah diinfokan di atas sudah siap semua.

Terus kamu juga pastiin kalau kamu punya jaringan internet ya gengs, soalnya kan nanti daftarnya online.

Jadinya jaringan internet yang stabil juga tuh penting untuk kamu gunain buat ngedaftarnya.

Langsung aja deh kalau semuanya udah oke, kita masuk ke gimana cara daftar SKCK online ini.

Di bawah ini adalah langkah-langkah atau Cara Daftar SKCK online yang bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Buka browser yang ada di perangkat dan langsung masukan link “skck.polri.go.id”
  2. Langsung klik “Formulir pendaftaran” yang ada di kanan pojok atas.
  3. Isikan alasan pendaftaran SKCK di kolom “Jenis Keperluan”.
  4. Kamu isi semua data yang diperlukan dengan bener dan jelas ya gengs, kayak misalnya ngisi alamat dan lain-lain.
  5. Kalau sudah bisa langsung pilih “metode pembayaran” biaya administrasi, kamu pilih sesuai keinginan kamu.
  6. Pilih “Lanjut”.
  7. Setelah itu, kamu harus isi semua data pribadi yang ada di kolomnya dengan data yang sebenar-benarnya ya.
  8. Bisa unggah “Pas Foto” yang ukurannya 4×6.
  9. Abis itu, kamu lengkapin juga form hubungan keluarga dan lain-lain.
  10. Kalau udah selesai langsung “Unggah dokumen”.
  11. Jangan lupa lampirin juga “rumus sidik jari” yang udah kamu dapatkan dari Polres.
  12. Selesai.

Mudah bukan cara untuk daftarnya? Kamu bisa langsung coba daftar deh gengs, engga lama kok waktu yang dibutuhkannya.

Panduan Untuk Melakukan Perpanjangan SKCK

Cara Daftar SKCK Online

Kan kalau informasi yang di atas itu untuk pendaftaran SKCK ya gengs, nah kalau yang satu ini untuk perpanjanganya.

Udah mimin sampein di atas, kalau SKCK ini ada waktu masa berlakunya gengs, jadi kalau masa berlakunya sudah habis dan masih diperlukan kamu harus perpanjang.

Perpanjang SKCK ini juga bisa dilakuin secara online kok, tapi masih ada biaya perpanjangan ya gengs.

Biaya perpanjangan yang harus kamu bayar adalah Rp10.000, yuk deh langsung simak pembahasannya.

Kamu juga harus ngikuti persyaratan yang ada untuk buat SKCK lho gengs, tapi engga ribet kok.

Cuma beberapa persyaratan aja yang harus kamu siapin, nih di bawah ini ya langsung persyaratannya.

  • Kamu siapkan fotokopi SKCK yang masa berlakunya sudah habis tersebut dengan maksimal 1 tahun dari waktu pembuatan ya gengs.
  • Fotokopi KTP dan Paspor (jika kamu ke luar negeri).
  • Siapkan pas foto 4×6 (3 lembar) yang terbaru latar belakang merah.

Kalau kamu sudah menyiapkan semua halnya, kamu bisa langsung datang ke Polres, Polda, Mabes Polri yang dekat dengan domisili kamu.

Terus kamu langsung aja deh serahin semua data-data atau syarat yang sudah kamu siapkan ke petugas perpanjangan SKCK.

Nah, itu dia sobat NeoMart.co.id langkah-langkah atau cara untuk daftar dan perpanjang SKCK secara onlinenya.