Busi motor basah, hitam dan bau bensin? Ini dia penyebabnya

Sebagian besar pemilik kendaraan bermotor, terutama sepeda motor, terlebih dahulu memeriksa busi ketika mengalami kerusakan. Tak sedikit juga yang mengalami busi basah, hitam dan bau saat dibuka.

Meski tak sedikit orang yang mendapati busi basah, hitam dan berbau bensin, tak banyak yang tahu apa penyebab sebenarnya.
Penyebab busi basah, hitam dan bensin

Satu hal yang perlu Anda ketahui, busi tidak basah karena terkena air. Kecuali jika Anda sengaja menuangkan air ke saluran intake. Tentu saja tidak, bukan?

Menurut informasi yang dirangkum ruber.id, busi basah disebabkan karena bensin di ruang bakar tidak terbakar dan mengembun di ujung busi.

Ada beberapa alasan mengapa bensin bisa mengembun pada elektroda busi dan tidak terbakar. Mungkin salah satunya pernah mengalami sepeda motor Anda.
Baca Juga: Aplikasi AppKarma Rewards & Gift Cards, Penghasil Uang Tunai Online

Pertama, penyebabnya adalah busi yang mati. Jika mati, pasti tidak ada pengapian. Akibatnya, bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak bisa terbakar.

Kemudian bensin yang tidak terbakar mengembun di permukaan ruang bakar termasuk ujung busi. Jika sudah demikian, maka dipastikan sistem karburasi masih normal, terbukti ada bensin di ruang bakar.

Untuk memeriksanya, cabut busi dan pasang ulir ke blok mesin saat memotong. Jika tidak ada percikan api, berarti busi memang mati.

Selain itu, busi basah juga bisa disebabkan oleh celah saat posisi kontak mati. Perhatikan bahwa dengan mesin mati, kunci kontak masih mati, gas masih mengalir masuk, tetapi kunci kontak tidak menyala.
Baca Juga: Pengguna Motor Matic Harus Tahu! Ini adalah interval yang ideal untuk mengganti oli

Semakin lama ujung busi semakin basah. Lain halnya jika sepeda motor Anda memiliki sistem injeksi, meskipun dalam posisi “Off-Contact”, bensin tidak akan keluar. Selain itu, penyebab basahnya bisa jadi karena setelan pilot jet yang terlalu boros. Hal ini membuat sulit untuk menghidupkan mesin.

Jika mesin masih dingin, pengaturan boros ini mungkin tidak akan menimbulkan masalah. Bahkan, mesin lebih mudah dihidupkan.

Sumber :